Asyik, seru, dan heboh, mengenal alam di kampung Rusa

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Asyik, seru, dan heboh, mengenal alam di kampung Rusa

Post by Kak Ita on Sun Jan 13, 2008 3:24 pm

Bulan November lalu, adik-adik siaga sudah menagih janji kegiatan Liburan.

Tidak terasa ya, liburan sudah mau datang, serasa baru kemarin, siaga camping bareng penggalan di Cidahu.

Para Yanda dan Bunda, sempat berkeliling survey, mencari tempat kegiatan yang cocok buat siaga, Dimana siaga bisa bermain dan belajar.

Akhirnya pilihan ditetapkan untuk pengenalan alam di Kampung Rusa.

Hari H-nya Siaga sudah antusias berkumpul, psssssssssssssst Adik-adik belum tahu lho mau diajak berpetualang ke mana Rolling Eyes Rolling Eyes

Nah ketiksa sampai Kampung Rusa, adik2 siaga terpesona disambut sejuk dan nyamannya udara disana, serasa di pegunungan asri, padahal ini masih di Jakarta lho.

dan ada rumah panggung juga lho .... Nyaman dan asri. flower flower flower, Banyak sekali pepohonan, ada jati putih, Mahoni, eboni, sonokeling, sukun, dan banyak lagi.

Wah...wah....bagaimana bisa ya, di Depok yang sudah begitu marak dengan pembangunan perumahan, yang mengorbankan pepohonan, ada tempat yang begitu rimbun, sejuk dan nyaman ? scratch scratch scratch ...hebat..hebat...hebat yang bisa menciptakan tempat seperti ini .... cheers cheers cheers

Ternyata-ternyata..... tempat ini tadinya adalah daerah gersang ... adik-adik siaga dan para Yanda dan Bunda terpesona, mendengar penjelasan Bunda Santi di Rumah Panggung.

Dulu daerah ini adalah Bukit, dan penduduk menebangi pohon2 yang ada di sana untuk bercocok tanam. Bunda Santi Bilang... boleh..boleh aja sih itu dilakukan, tapi sayang .... Rolling Eyes Rolling Eyes ...setelah ditanami dan tanaman dipupuk dengan pestisida, tanah menjadi rusak, dan ditinggalkan begitu saja. Sehingga bukit menjadi longsor dan menjadi dataran, tanah menjadi rusak dan gersang. Sampai-sampai di Musim kemarau, tanah menjadi retak-retak sanga dalam, saking keringnya .... Dan suhu pada siang hari bisa mencapai 41 C. Woooooooooooooow..... seperti di padang pasir kali ya ... No No.

Tidak terbayang, bahwa kondisi bisa berubah, tanah yang gersang bisa menjadi begitu resik, sejuk, nyaman dan Asri, sampai-sampai kalau siang hari suhu begitu nyaman hanya 21 C. Dan kalau malam, tidur tidak perlu AC lagi, karena suhu hanya 14 C.
Tidur pasti nyaman dan nyenyak, bangun tidur badan-pun sejuk.

Dan itu semua, didapatkan dengan perjuangan dari Kak Bagas Kurniawan, Kak Chalid, Bunda Shanti dan keluarga besarnya, untuk membangun kampung Rusa. hmmmmmm ... semoga adik2 siaga bisa memetik pelajaran dari penjelasan ini, bahwa kondisi yang buruk bisa menjadi jauh lebih baik, lewat niat, keuletan dan perjuangan serta kerja keras yang tiada Henti....

Ayooooooooo adik2 siaga.... kita pun bisa seperti itu .... sunny sunny

Nah, adik-adik pun diajak Bunda Santi, belajar menanam Pohon. Adik-adik menanam beraneka pohon nangka, sukun, mangga, mahoni ... padatkan dulu tanahnya, buka poly badnya, masukan pohon ke lubang yang sudah digali sebelumnya, penuhi dengan tanah, lubangnya, dan padatkan tanahnya, Jaga ya batang pohon tetap Tegak .... cheers cheers cheers .... Adik-adik siaga, sekarang sudah tahu cara menanam pohon, mudah-mudahan, adik-adik siaga, bisa menghijaukan lingkungan sekitar ya nanti.

Adik-adik pun berjalan-jalan ke kandang rusa, dan melihat kambing-kambing juga ....

Setelah itu, adik2 berjalan ke kebun bayam. Wah Kebun-nya subur sekali, karena di pelihara dengan tekun, dipupuk dengan pupuk alami, yang dibuat dari dedaunan busuk dan dicampur pupuk kandang. Daun bayamnya segar2. tapi kok daun-nya bolong-bolong sih ? apa tidak bisa dimakan ????

Wah ternyata itu salah, justru daun yang bolong2 menunjukkan bahwa Bayam2 tersebut tidak disemprot pestisida, sehingga lebih sehat, karena tidak mengandung bahan kimia yang merusak tubuh. Ini yang dinamakan tanaman organik.

Adik-adik pun dikasih tahu, bahwa Bayam yang siap panen yang umurnya 21 hari, pilih bayam yang daun-nya besar2, cabut dengan akarnya,d an goyang-goyangkan, supaya tanahnya lepas, kemudian Ikat. Siap deh untuk di masak.

Wah setelah panen, adik-adik bersampang di kali irigasi, seru juga ya walau jaraknya pendek ....

Ternyata, petualangan adik2 masih berlanjut ....waaaaaah serunya menangkap Ikan di Kolam, dengan tangan lho, tanpa menggunakan alat. Buanyak bener ikan yang berhasil ditangkap .....

Duuuuh lapar ya ... setelah berpetualangan seru .... tapi adik-adik harus masak dulu sebelum makan. Seru banget ya, memasak bersama bayam hasil panen sendiri dan mengolah ikan hasil tangkapan sendiri. Merajang bawang merah, putih, tomat, dan menumbuk ...

Hmmmmmmm sedapnya makan siang, Bayamnya enak sekali, mungkin karena sehat bebas bahan kimia, masih segar dan hasil panen dan masak sendiri ya. Ikan-nya pun begitu garing, karena di masak diatas tungku dengan kayu bakar.

Masaknya pakai kayu bakar ? iya lho .... apa tidak merusak lingkungan .... Question Question Question .... ooooo tentu tidak .. karena kayu bakar yang digunakan adalah ranting2 pohon yang berguguran sendiri, yang dikumpulkan dan disimpan dengan rapi....

Ah Hari itu adik-adik begitu senangnya bermain, dan mendapat wawasan dan ilmu yang banyak di kampung Rusa ...

Terima kasih Kak Bagas, Kak Chalid, Kak Shanti dan Keluarga Besar. Semoga apa yang dilakukan keluarga Besar Kampung Rusa, memberikan inspirasi kepada adik-adik, untuk mengisi kehidupan mencintai alam, dan berjuang dengan penuh keuletan dan kerja keras. Amin

Kak Ita

Jumlah posting : 8
Join date : 26.12.07
Age : 50
Lokasi : Depok

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

pengen lagi pengen lagi pengen lagi ...........

Post by Bags_qren on Sun Jan 13, 2008 3:40 pm

Aku suka ke kampung rusa. aku jadi ketagihan pengen lagi pengen lagi pengen lagi ............


soalnya seru sih !!!!!! Penghangat Suasana Penghangat Suasana Penghangat Suasana
paling seru pas lagi nangkap ikan & naik sampan.

di kampung rusa enak soalnya udaranya sejuk ,ada rusa & binatang lain.
aku juga bisa memberi makan rusa,menangkap ikan ,memanen bayam Petani Padi Petani Padi ,naik sampan. Juru Apung Juru Apung Juru Apung

jadinya aku suka main ke kampung rusa.pengen lagi, pengen lagi,pengen lagi ......




Pecinta Dirgantara Pecinta Dirgantara Pecinta Dirgantara Pecinta Dirgantara

Bags_qren

Jumlah posting : 7
Join date : 01.01.08
Age : 18
Lokasi : Depok, Jawa Barat

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Asyik, seru, dan heboh, mengenal alam di kampung Rusa

Post by Kak Eggie on Wed Jan 23, 2008 2:08 pm

pengen kesono!!!!

kira-kiranya rute gimana ya Kak? khsususnya dari Tangerang

Kak Eggie

Jumlah posting : 97
Join date : 07.11.07
Age : 33
Lokasi : Tangerang, Banten, Indonesia

Lihat profil user http://eggi.eyefetch.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Asyik, seru, dan heboh, mengenal alam di kampung Rusa

Post by Kak Lita on Wed Jan 23, 2008 8:59 pm

Kak Eggie wrote:pengen kesono!!!!

kira-kiranya rute gimana ya Kak? khsususnya dari Tangerang

persis di seberang masjid kubah mas, meruyung, kak Megi..

_________________
Gugusdepan Territorial
Pramuka Griya Depok Asri
www.pramukakita.multiply.com

Kak Lita
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 76
Join date : 08.11.07
Lokasi : Depok, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user http://www.catatanlita.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Asyik, seru, dan heboh, mengenal alam di kampung Rusa

Post by femmy on Mon Sep 08, 2008 5:45 pm

kak Ita/kak Lita,
boleh tahu alamat dan contact personnya Kampung Rusa? itu di daerah Depok ya? Pengen banget nih ngajak anak2 ke sana. Lihat photo kak Ita di sini, manglingin deh, cuantikkk.. photo kapan tuh kak?

femmy

Jumlah posting : 5
Join date : 04.09.08
Age : 46
Lokasi : Tanjung Priok, Jakarta Utara

Lihat profil user http://www.fjaco.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Asyik, seru, dan heboh, mengenal alam di kampung Rusa

Post by Kak Lita on Wed Sep 10, 2008 7:26 am

femmy wrote:kak Ita/kak Lita,
boleh tahu alamat dan contact personnya Kampung Rusa? itu di daerah Depok ya? Pengen banget nih ngajak anak2 ke sana.

Boleh, kak... Wink
Krn yang tinggal di sana keluarga besar, semua bisa jadi contact person, kak Femmy
Ada ibu Santi, ada pak Bagas, ada pak Cholid...

Ini alamatnya..
KAMPUNG 99 PEPOHONAN
Jl.KH.Muhasan II
Meruyung Limo
Depok
(Depan Mesjid Kubah Emas Dian Al-Mahri)
Telp : 021 7788 5410, 021 930 79558, 021 980 79214, 021 999 55610

ini blognya : http://kampung99.multiply.com

_________________
Gugusdepan Territorial
Pramuka Griya Depok Asri
www.pramukakita.multiply.com

Kak Lita
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 76
Join date : 08.11.07
Lokasi : Depok, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user http://www.catatanlita.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Asyik, seru, dan heboh, mengenal alam di kampung Rusa

Post by Kak Arif on Wed Sep 10, 2008 4:14 pm

Weh... Pengen..... Sad

Lagi suntuk nih Kakak, banyak tugas kuliah menunggu... Maunya sih, pengen ini: Pengendara Sepeda Pengen ini: Peternak Merpati Pengen ini juga: Penyanyi Tapi masih belum kesampaian....

Ah, kapan-kapan deh ke kampung Rusanya...

Kak Arif

Jumlah posting : 66
Join date : 17.11.07
Age : 27
Lokasi : Gresik, Jawa Timur, Indonesia

Lihat profil user http://arifdoudo.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Asyik, seru, dan heboh, mengenal alam di kampung Rusa

Post by Kak Lita on Wed Sep 10, 2008 8:40 pm

Kak Arif wrote:Weh... Pengen..... Sad

Lagi suntuk nih Kakak, banyak tugas kuliah menunggu... Maunya sih, pengen ini: Pengendara Sepeda Pengen ini: Peternak Merpati Pengen ini juga: Penyanyi Tapi masih belum kesampaian....


Kak Arif, apa kabar ?? ternyata ya...lagi Pengumpul Posting tugas...
Ya dinikmati aja ya, kak... mudah2an tugas2nya cepet beres.. king Wink

semangat !! Penyemangat Penyemangat Penyemangat

_________________
Gugusdepan Territorial
Pramuka Griya Depok Asri
www.pramukakita.multiply.com

Kak Lita
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 76
Join date : 08.11.07
Lokasi : Depok, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user http://www.catatanlita.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Asyik, seru, dan heboh, mengenal alam di kampung Rusa

Post by femmy on Fri Sep 12, 2008 6:13 pm

Kak Lita wrote:
femmy wrote:kak Ita/kak Lita,
boleh tahu alamat dan contact personnya Kampung Rusa? itu di daerah Depok ya? Pengen banget nih ngajak anak2 ke sana.

Boleh, kak... Wink
Krn yang tinggal di sana keluarga besar, semua bisa jadi contact person, kak Femmy
Ada ibu Santi, ada pak Bagas, ada pak Cholid...

Ini alamatnya..
KAMPUNG 99 PEPOHONAN
Jl.KH.Muhasan II
Meruyung Limo
Depok
(Depan Mesjid Kubah Emas Dian Al-Mahri)
Telp : 021 7788 5410, 021 930 79558, 021 980 79214, 021 999 55610

ini blognya : http://kampung99.multiply.com

thank you ya kak Lita infonya.. kalo dari Depok dah ga jauh dong yaaa.. kalo dari Priok, lumayan jauhhhh... kalo di Depok ada camping ground yang asyik ga kak Lita?

femmy

Jumlah posting : 5
Join date : 04.09.08
Age : 46
Lokasi : Tanjung Priok, Jakarta Utara

Lihat profil user http://www.fjaco.multiply.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Asyik, seru, dan heboh, mengenal alam di kampung Rusa

Post by Sponsored content Today at 4:49 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik