Pramuka Bandung Melawan Arus!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pramuka Bandung Melawan Arus!

Post by Kak Rangga on Mon Jan 28, 2008 9:53 pm

Wah...baru kali ini saya agak kagum sekaligus sedih ketika menghadiri sebuah kegiatan Pramuka. Kagum karena disaat banyak anggota masyarakat yang menganggap Kegiatan Pramuka sudah 'melempem' dan kurang peminat, ternyata tidak demikian bagi kurang lebih 1000-an orang peserta didik yang menghadiri kegiatan Latihan Gabungan Pramuka se-kota Bandung yang diselenggarakan oleh Kwartir cabang Kotamadya Bandung di Gelanggang olah raga Saparua pada hari Munggu, 27 Januari 2008. Tampaknya mereka masih memiliki rasa antusias yang tinggi untuk mengikuti kegiatan Pramuka.

Lantas, kenapa sedih? sedih...karena tetap saja, biar bagaimanapun, Kegiatan Pramuka di Bandung tidaklah sepopuler dulu di kalangan anak muda. Pramuka saat ini seringkali dipandang sebagian remaja sebagai kegiatan Norak, cupu, kuno, dan segala label buruk lainnya. Tak mudah memang untuk menepis anggapan-anggapan seperti itu. Yang pasti, bagi sebagian orang memanglah tidak mudah apa yang sedang dihadapi Gerakan Pramuka akhir-akhir ini. Bagaikan berenang melawan arus deras. Arus deras 'pergeseran nilai-nilai Budaya'.

NB: foto2 kegiatannya nyusul ntar ya! lagi disortir nih...tongue

Kak Rangga
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 132
Join date : 08.11.07
Age : 36
Lokasi : Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

kembali ke masa lalu

Post by Kak Rahmat on Tue Jan 29, 2008 9:44 am

wah, gak ngundang gugusdepan di kwarcab tetangga nih ! kan lumayan klu diundang bisa menyemarakkan kegiatan karena bertambahnya massa.

kegiatan seperti inilah yang merupakan wujud dari revitalisasi, bagaimana pun juga kita semua harus berpikir positif dan menghargai kerja keras penyelenggara. Ini semua kan dalam rangka mengembalikan kembali pramuka ke masa kejayaannya.

gak usah sedih malah harus optimis, klu semakin sering kita menyelenggarakan kegiatan seperti ini dan kegiatannya berasaskan manfaat, modern dan taat asas. Insya Allah, orang-orang yang menjelek-jelekkan pramuka akan menelan ludahnya sendiri.

Tetap Memandu !
Slm.

Kak Rahmat

Jumlah posting : 26
Join date : 19.11.07
Age : 29
Lokasi : Cimahi, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pramuka Bandung Melawan Arus!

Post by Kak Rangga on Tue Jan 29, 2008 11:42 am

Betul sekali Kak Rahmat, kerja panitia penyelenggara memang sdh sepatutnya kita acungi jempol. Biar bagaimanapun kegiatan tersebut telah turut menyemarakkan kegiatan Pramuka di tanah air kita ini. Namun bukan berarti kita jadi tidak terbiasa melakukan oto kritik pada diri Gerakan pramuka sendiri. Karena memang nyata adanya bahwa sampai saat ini GP barulah berkutat mengenai kuantitas....Kualitas kita masihlah jauh dibanding kepanduan dari negara-negara lain.

Kak Rangga
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 132
Join date : 08.11.07
Age : 36
Lokasi : Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

ikut atau lawan arus?

Post by Kak Eggie on Tue Jan 29, 2008 1:04 pm

ya beginilah nasib pramuka masa kini.
saya melihatnya adalah adanya perbedaan nilai antara remaja masa kini dengan tujuan yang ingin dicapai GP. kita tentu tidak bisa tutup mata bahwa remaja mulai dihinggapi semangat INSTAN. ya, semangat ingin semuanya cepat dapat, cepat sukses, cepat berhasil tanpa proses yang panjang, rumit, sulit dan berbelit.

liat aja konts idol-idolan. cuma dalam hitungan kurang dari setahun seseorang bisa jadi seorang IDOLA. sementara GP berusaha mengajarkan bahwa seseorang harus berjuang, berusaha sekuat tenaga demi menggapai keinginannya.

contoh : kemah.
mau makan harus masak sendiri. padahal ada warung, resto.
mau tidur buat kemah. lho koq harus capek-capek padahal bisa nyewa penginapan.

belum lagi pandangan pesimisme dan sinisme.
pikirin deh, apa yang bisa dibanggain seorang Pramuka yang bisanya cuma sandi, tali, baris. keren mana sama remaja yang bisa ngeband, dance, main skateboard.

saya pikir sebaiknya ada kombinasi antara kecenderungan remaja masa kini dengan harapan yang dituju GP. jangan kita 'teguh dengan pendirian' sampe2 make kacamata kuda

Kak Eggie

Jumlah posting : 97
Join date : 07.11.07
Age : 33
Lokasi : Tangerang, Banten, Indonesia

Lihat profil user http://eggi.eyefetch.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pramuka Bandung Melawan Arus!

Post by Kak Lita on Wed Jan 30, 2008 9:21 am

Kak Rangga wrote:Yang pasti, bagi sebagian orang memanglah tidak mudah apa yang sedang dihadapi Gerakan Pramuka akhir-akhir ini. Bagaikan berenang melawan arus deras. Arus deras 'pergeseran nilai-nilai Budaya'.

NB: foto2 kegiatannya nyusul ntar ya! lagi disortir nih...tongue

Ditunggu foto-fotonya ya, Kak Rangga... Wink
Saya mau ikutan berenang Perenang Perenang melawan arus deras 'pergeseran nilai-nilai budaya'..

Penyemangat Penyemangat Penyemangat Penyemangat

_________________
Gugusdepan Territorial
Pramuka Griya Depok Asri
www.pramukakita.multiply.com

Kak Lita
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 76
Join date : 08.11.07
Lokasi : Depok, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user http://www.catatanlita.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pramuka Bandung Melawan Arus!

Post by Kak Rangga on Wed Jan 30, 2008 1:46 pm

wah...salut untuk Kak Lita dan kakak2 semua karena berani mengambil langkah yang 'tidak populer'.
MAJU TERUS PANTANG MUNDUR! Pengenal Cuaca

Ini beberapa momen kegiatan Latgab se-kota Bandung yang sempat saya abadikan dengan kamera saku digital pinjaman:









Terakhir diubah oleh tanggal Thu Jan 31, 2008 8:28 pm, total 3 kali diubah

Kak Rangga
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 132
Join date : 08.11.07
Age : 36
Lokasi : Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pramuka Bandung Melawan Arus!

Post by Kak Rahmat on Thu Jan 31, 2008 9:40 am

Kak Rangga wrote:Betul sekali Kak Rahmat, kerja panitia penyelenggara memang sdh sepatutnya kita acungi jempol. Biar bagaimanapun kegiatan tersebut telah turut menyemarakkan kegiatan Pramuka di tanah air kita ini. Namun bukan berarti kita jadi tidak terbiasa melakukan oto kritik pada diri Gerakan pramuka sendiri. Karena memang nyata adanya bahwa sampai saat ini GP barulah berkutat mengenai kuantitas....Kualitas kita masihlah jauh dibanding kepanduan dari negara-negara lain.
saya selalu iri ingin mengikuti kegiatan kalau misalnya melihat ada kegiatan kepramukaan, baik itu latihan-latihan di gugusdepan, jambore-jambore bahkan kumpul-kumpulnya anak pramuka, coba kalau kita bisa gabung ! kan lumayan bisa memotivasi adik-adik kita, bahwa pramuka itu menurut arti kiasan lambangnya "pohon nyiur ada dimana-mana" study

salah satu hal yang membuat kita tidak bisa berkembang adalah "self bad image", jadi seburuk apapun yang dikatakan orang, kita sendiri orang yang di dalamnya diusahakan tidak mengungkapkannya, cukuplah menjadi catatan. kalau kita sendiri pro dengan keburukan yang dikatakan orang, pramuka tidak akan pernah berkembang. Bukan saatnya membahas kritikan, karena kita orang yang di dalamnya pasti sudah tahu keadaan yang sebenarnya, sekarang tinggal memproklamasikan diri atas perbaikan dari kritikan yang kita terima (walaupun sulit karena banyak anggotanya, ya kita mulai dari diri kita sendiri). lol!

together we can do so much ! cheers
Slm.

Kak Rahmat

Jumlah posting : 26
Join date : 19.11.07
Age : 29
Lokasi : Cimahi, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pramuka Bandung Melawan Arus!

Post by Kak Udi on Thu Jan 31, 2008 3:09 pm

Pergeseran nilai-nilai budaya kearah mana hayo?

Antara benar dan salah
Antara melek dan buta
Antara pintar dan bodoh
Antara Bebas dan terbelenggu
Antara rendah hati dan zalim

Rasanya kok nilai-nilai yang dianut makin jauh menuju kepada kehinaan
Padahal kalau ditanya jawabannya selalu jawaban PPKN.
Bagaimana ya menangkap benang merahnya. Karena saya yakin setiap insan aslinya mengejar kemuliaan.

Memang benar arusnya makin kuat karena jamaahnya makin banyak
Gaya anak sekarang ceng cengan, bergunjing, bergosip ria untuk mengangkat harga diri yang semu. Makin dangkal ilmunya makin terjerumus dalam jerat orang-orang yang hendak memperbudak.

Tehnologi telah banyak ditunggangi oleh kelompok yang mengeksploitasi nafsu dasar manusia yaitu nafsu makan, nafsu berkembang biak dan nafsu bersaing. Nafsu tingkat lanjutnya yang berlandaskan pada pengembangan alam pikir banyak dikebiri..... tapi kebanyakan tidak sadar.
Sistem pendidikan yang tidak membuka mata dan telinga dan juga hati apakah bentuk rekayasa? Ini jelas mengakibatkan dunia pendidikan formal menjadi tidak menarik.
Sungguh aneh banyak yang ingin anaknya pintar tapi tidak mampu menemukan jalannya, bahkan merasa bahwa ini merupakan tanggungjawab orang lain
Maka wajar kalau dunia pendidikan dan pengembangan kebudayaan menjadi morat-marit.

Arusnya memang deras tapi fakta bahwa yang dicari oleh setiap insan adalah kemuliaan memungkinkan arus berbalik kearah yang benar.

Memang untuk mencapai yang baik tidak pernah melalui mekanisme berleyeh-leyeh
Mari bersatu membalikkan arus yang menggeser nilai-nilai budaya kearah yang pembelengguan manusia

Pengintip

Kak Udi

Jumlah posting : 14
Join date : 26.12.07
Lokasi : Depok, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pramuka Bandung Melawan Arus!

Post by Kak Rangga on Thu Jan 31, 2008 4:30 pm

waAAaAAaaAakKkSSs! tulisan saya kok ngilang....udh nulis 2 jam ngilang entah kemana.....aAaAAAaAAaAaaRrrgGgHHh....jangan panik...jangan panik....ayo cari! atau tulis lagi! pale

Kak Rangga
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 132
Join date : 08.11.07
Age : 36
Lokasi : Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pramuka Bandung Melawan Arus!

Post by Kak Lita on Thu Jan 31, 2008 4:57 pm

Kak Rangga wrote:waAAaAAaaAakKkSSs! tulisan saya kok ngilang....udh nulis 2 jam ngilang entah kemana.....aAaAAAaAAaAaaRrrgGgHHh....jangan panik...jangan panik....ayo cari! atau tulis lagi! pale

Walah...Kak Rangga, kalau mau posting kayaknya ada 'time out' nya deh...soalnya saya juga pernah udah nulis panjang2 trus ilang Sad jadi kalau nulisnya lama, ditulis aja dulu di notepad..

ayo tulis lagi ! Juru Ketik

_________________
Gugusdepan Territorial
Pramuka Griya Depok Asri
www.pramukakita.multiply.com

Kak Lita
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 76
Join date : 08.11.07
Lokasi : Depok, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user http://www.catatanlita.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pramuka Bandung Melawan Arus!

Post by Kak Lilik on Tue Feb 05, 2008 10:17 am

[quote="Kak Rangga"]wah...salut untuk Kak Lita dan kakak2 semua karena berani mengambil langkah yang 'tidak populer'.
MAJU TERUS PANTANG MUNDUR! Pengenal Cuaca

Ini beberapa momen kegiatan Latgab se-kota Bandung yang sempat saya abadikan dengan kamera saku digital pinjaman:

liat photo2 ini, wah jadi inget latihan jaman dulu kala nih kak cheers

salut sama kegiatan latihan bareng ini, patut dicontoh oleh daerah2 lain nih ...


ayoooo, semangatttt ... sunny

Kak Lilik

Jumlah posting : 7
Join date : 20.11.07
Age : 42
Lokasi : Depok, Jawa Barat

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pramuka Bandung Melawan Arus!

Post by Kak Lita on Tue Feb 05, 2008 12:22 pm

Kak Rangga wrote:wah...salut untuk Kak Lita dan kakak2 semua karena berani mengambil langkah yang 'tidak populer'.
MAJU TERUS PANTANG MUNDUR! Pengenal Cuaca

wah, ngeliat foto2nya jadi semangat... cheers cheers

seperti kata kak Udi :
Arusnya memang deras tapi fakta bahwa yang dicari oleh setiap insan adalah kemuliaan memungkinkan arus berbalik kearah yang benar.

Memang untuk mencapai yang baik tidak pernah melalui mekanisme berleyeh-leyeh..

Mari bersatu membalikkan arus yang menggeser nilai-nilai budaya kearah yang pembelengguan manusia

Penyemangat Penyemangat Penyemangat

terimakasih ya, Kak Rangga.. kapan TKL bikin latgab ? Wink

_________________
Gugusdepan Territorial
Pramuka Griya Depok Asri
www.pramukakita.multiply.com

Kak Lita
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 76
Join date : 08.11.07
Lokasi : Depok, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user http://www.catatanlita.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pramuka Bandung Melawan Arus!

Post by Kak Eggie on Tue Feb 05, 2008 2:59 pm

ya.. dengan bersatu maka semua bisa diatasi. dengan bersatu maka antara satu dan lainnya bisa berkaca plus-minus yang dimilikinya. itulah gunanya latgab.
sayangnya, ad kecenderungan menghidupkan lomba pramuka. jd kobarin smngat kompetisi. gudep satu anggap gudep lain MUSUH ABADI padahal sama-sama pake baju Pramuka. regu satu cibir regu lain padahal sama-sama ngucapin Dasa Darma. pembina malah ambil posisi ngomporin bukan nunjukin apa yang sebaiknya terjadi.
latagab seingat saya era 90-an sangat sering diadain. tp kmudian cenderung geser jd perlombaan. mungkin karena lomba lebih bergengsi dapat piala drpd latgab yg gak dpt piala sebuah pun.
btw, kalo TKL mo latgab saya siap sedia nih kirim anggota. sebut aja mo berapa orang...... Laughing

Kak Eggie

Jumlah posting : 97
Join date : 07.11.07
Age : 33
Lokasi : Tangerang, Banten, Indonesia

Lihat profil user http://eggi.eyefetch.com/

Kembali Ke Atas Go down

Pramuka melawan arus

Post by kak emu on Wed Feb 06, 2008 9:12 pm

terkadang klo kita g mau ngambil resiko maka kita g akan bisa berkembang
maka kita harus melawan arus yang kita harapkan dapat berdampak bagi Revitalisasi gerakan Pramuka

but....buat T/D Kota Bandung kita akan usahakan se-maksimal mungkin dan membuat kegiatan yang sangat menarik bagi Remaja saat ini.........

pokoknya semangat ja deh..... sunny

kak emu

Jumlah posting : 18
Join date : 29.12.07
Age : 30
Lokasi : Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pramuka Bandung Melawan Arus!

Post by Kak Eggie on Tue Feb 12, 2008 8:49 am

melawan arus.... dan hati ini pun miris melihat 10 remaja tewas dalam sebuah pagelaran konser musik Sabtu malam (9/2). ironinya seperti ada kebanggaan bisa tewas di konser musik itu. lalu banggakah mereka jika bisa mengikuti kegiatan kepramukaan seperti Latgab di Bandung ini....

saya bukan apatis terhadap hal-hal seperti itu. saya sendiri senang dengan aliran musik yang dipentaskan itu. hanya saja, saya merasa beruntung bahwa dengan Pramuka saya punya penyeimbang dalam menjalani pergaulan.

bukankah masa remaja adalah masa lebih percaya kepada teman sepergaulan? berapa banyak remaja yang enggan aktif berpramuka padahal ada manfaat bagi dirinya (PASTI!). berapa banyak pembina yang belum menyadari bahwa mereka turut berperan membentuk karakter seorang remaja?

lebih lanjut, kita berharap ada pembinaan baik dan terarah bagi remaja. dunia terus berkembang, baik dan buruk bukan lagi hitam dan putih namun telah menjelma menjadi abu-abu. kenapa? nilai telah bergeser, sikap mewajarkan segala hal, dan sedikit orang yang masih mau membina remaja. diperlukan orang-orang yang mau mengarahkan remaja dalam hadapi perkembangan dunia dan Pramuka adalah satu caranya.

semoga..........

Kak Eggie

Jumlah posting : 97
Join date : 07.11.07
Age : 33
Lokasi : Tangerang, Banten, Indonesia

Lihat profil user http://eggi.eyefetch.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pramuka Bandung Melawan Arus!

Post by Sponsored content Today at 4:50 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik