MUsibah Indonesia........T/D ngapain ya????

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

MUsibah Indonesia........T/D ngapain ya????

Post by kak emu on Fri Feb 15, 2008 2:28 pm

klo kita amati sekarang banyak sekali bencana yang melanda dinegri Indonesia ini........
kita lihat berita ja 1 kali sudah banyak sekali hal yang akan kita lihat(jd emang agak gmn gtu lihat berita skrg??/)
mungkin penyebab utama jg manusia coz kan g bisa jaga bumi yang menjadi pijakkan kita tapi skrng bukan waktunya jg saling nyalahin.............

jadi skrang gmn nih kita sebagai T/D yang harus bisa terjun membantu Masyarakat secara langsung????
Question Exclamation Question Exclamation Question Exclamation

kak emu

Jumlah posting : 18
Join date : 29.12.07
Age : 30
Lokasi : Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUsibah Indonesia........T/D ngapain ya????

Post by Kak Eggie on Fri Feb 15, 2008 3:52 pm

T/D bisa berperan besar Kak!
misal, bikin gerakan penghijauan, daur ulang sampah, atau upaya lain penyelamatan lingkungan.
atau pas bencana rame-rame buat dapur umum.
masalahnya apa? karena belum ada kesatuan. dibutuhkan sebuah kekompakan besar antara tiap ambalan & racana. jangan buat kegiatan masing-masing.

sekadar share saat saya liput bencana gempa di Bengkulu.
ada tenda pengungsi di sebuah lapangan bola sebuah SMK. SMK itu punya ambalan. malah menurut pengungsi, kebutuhan mereka ditangani oleh Kwarda Bengkulu. tapi menurut mereka lagi, tidak ada aktifitas orang-orang Pramuka membantu pengungsi. jangankan dapur umum, kehadiran personal pun tidak ada. jadilah pengungsi itu selamatin dirinya sendiri. miris dengernya apalagi saya orang Pramuka.
padahal kita bisa berbuat, ya kalo logistik dapur umum gak bisa minimalnya temenin mereka, ajak anak-anak bermain ala kepramukaan. terkadang kita berpikir 'besar' padahal yang 'kecil' bisa lebih berarti.

Kak Eggie

Jumlah posting : 97
Join date : 07.11.07
Age : 33
Lokasi : Tangerang, Banten, Indonesia

Lihat profil user http://eggi.eyefetch.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUsibah Indonesia........T/D ngapain ya????

Post by Kak Arif on Fri Feb 15, 2008 7:29 pm

Kemarin saat ada bencana banjir Bengawan Solo dan sekitarnya, racana saya membuka posko bencana alam... Sanggar kami jadikan sebagai posko, dan didukung juga oleh personal kami yang diterjunkan ke sana (walaupun tidak atas nama Pramuka sih...) Dan, Hamdallah banyak bantuan yag kami terima dari masyarakat sekitar, baik dari kalangan mahasiswa atau dari khalayak umum. Mungkin seperti itu...
Kita tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan dana untuk membantu korban bencana alam yang terjadi di sekitar kita... Ya mampunya kita apa, itu yang kita lakukan... Mampu buka posko bencana? Ya lakukan... Mampu terjun langsung? Ya terjunlah... Bila tidak mampu apa-apa? Ya sudah... Kita bantu doa saja. Toh nantinya jika kita paksakan malah menambah beban bagi diri kita dan juga korban bencana... Juru Apung

Kak Arif

Jumlah posting : 66
Join date : 17.11.07
Age : 27
Lokasi : Gresik, Jawa Timur, Indonesia

Lihat profil user http://arifdoudo.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Wadah Pramuka dalam bencana alam

Post by kak emu on Mon Feb 18, 2008 11:21 am

wah............respon yang bagus ya...........buat tema ini coz skrng karena Global Warming bukan hanya indonesia tapi seluruh dunia pun terjadi banyak bencana..........

saya setuju sekali ma saran kakak2........tapi sebenarnya Pramuka punya lo wadah kayak Pramuka Peduli tapi sayang kurang dikembangkan entah kekurangan tenaga ahli atau apa...........
sunny
hal ini harusnya dikembangkan oleh kita..ya.......salah satu aplikasi dari Bina masyarakat jg kan..............
tapi klo pemikiran emu bahwa kita memang harus menjadi Organisasi yang Profesional karena secara tidak langsung kita akan terjun ke masyarakat..............dalam SAKA dan Unit harus kita terapkan hal2 yang Profesional dalam mereka melatih keterampilan masing2 (jangan setangah2 gtu!!!!) flower flower

oia..........dan sayang jg klo Pramuka yang sudah ikut membantu tidak me-Follow Up nama Pramuka (bkn berarti mau mejeng sih)karena kita kan pengennya menjadikan Pramuka menjadi Wadah pendidikan bagi wadah khususnya para penerus bangsa, jadi boleh dong dikit sombong ma nama Gerakan Pramuka..........heheh....... Wink Wink

kak emu

Jumlah posting : 18
Join date : 29.12.07
Age : 30
Lokasi : Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: MUsibah Indonesia........T/D ngapain ya????

Post by Sponsored content Today at 4:48 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik