Creatives Cookies - wadah melatih kerja sama dan Creativitas

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Creatives Cookies - wadah melatih kerja sama dan Creativitas

Post by Kak Ita on Wed Jan 02, 2008 12:56 pm

Minggu lalu, saat Kamis datang, dan cuaca mendung, saya langsung ingat, bahwa untuk minggu pagi, kami belum punya program latihan scratch scratch . Dan melihat mendung yang mengantung tebal di langit, saya langsung berpikir, bahwa latihan kali ini mungkin lebih baik dilakukan indoor.

Tiba-tiba ingat, mengenai rencana untuk memberikan latihan membuat cookies yang kreatif, yang sempat tertunda.

Akhirnya saya sms, bunda Lilik dan Bunda Lita mengenai rencana itu, dan jawaban setuju saya terima tak lama kemudian.

Tujuan latihan ini, yang utama adalah melatih kreativitas dan kerjasama, selanjutnya memberikan wacana, bahwa memasak itu bukan soal Gender, laki dan perempuan bisa melakukan-nya. Insya Allah dengan pengalaman yang menyenangkan, mereka anak-anak kami bisa menanamkan dalam hati dan pikiran mereka, bahwa semua pekerjaan itu sangat menarik, dan sangat mudah jika dilakukan dengan sepenuh hati dan rasa senang.

Latihan di mulai dengan pengenalan bahan, ups .. ternyata semua anak antusias untuk tahu, apa sih terigu itu ... terbuat dari apa, dan mengandung zat apa, apa gunanya untuk tubuh ? .... Mentega dan margarine ..sama enggak ya ? ... Opppps Gula itu bisa dibikin halus ya ?
Waaaaaaaaaaah ternyata kalau mau wangi, kue mesti dikasi Vanila.... Apa sih Baking Powder itu ... ???

Ooooo ... ternyata kalau mau bikin kue itu, mesti ada resepnya ya .... enggak boleh asal campur bahan lho... nanti kuenya enggak enak,

Nah saat Bunda membagikan resep, anak-anak pun serius membaca resepnya study , untuk cookies yang enak dan bisa menghasilkan bentuk yang lucu-lucu
Mentega-nya, 200 gram
Gula halusnya 225 gram
Tepung terigunya 425 gram
Telurnya satu butir yang besar
Kasih Baking Powder juga 1 sendok teh
terus Vanila jangan lupa 1/4 sendok teh, jangan banyak2 nanti malah Pahit

Terus habis semua bahan di ditimbang ngapain ya ? hmmm mana yang duluan di campur ? Question Question Question
wah enggak bisa sembarangan campur ternyata scratch scratch

Jadi terigu mesti dicampur baking powder dan vanila dulu, kemudian diayak ..3 kali ( banyak bener ya)
Terus mentega dicampur dengan gula, dikocok sampai lembut, baru kasih telur satu, di aduk lagi.,
nah Baru deh tepungnya di masukin ke mentega.... aduk..aduk..aduk, sampai rata .... Arrow Arrow Arrow

Digiling-giling ...jangan sampai ketipisan ya .... terus cetak deh, mau jadi bentuk kapal terbang, mobil, kereta, muka orang, bunga, kupu2 ,rumah ... apa saja bisa ..... cheers cheers cheers ..... Lucu2 deh cookies-nya ...

Dibakar deh.... sampai matang ...

Nah jadi juga kuenya, dinginkan dulu ya sebelum dihias .....

Aduuuh senangnya kasih warna dan bentuk lucu2 ke kuenya ya ...

Dan akhirnya..... nyam...nyam...nyam ... enak banget kuenya ...

Senangnya, bekerja sama bikin cookies yang enak dan lucu2 ,,,, king queen

Kak Ita

Jumlah posting : 8
Join date : 26.12.07
Age : 50
Lokasi : Depok

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Creatives Cookies - wadah melatih kerja sama dan Creativitas

Post by Kak Rangga on Wed Jan 02, 2008 1:05 pm

Posting foto2 kue hasil kreasi adik2 dooOoong Kak....pasti lucu2 deh bentuknya...nyam nyam... Juru Masak

Kak Rangga
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 132
Join date : 08.11.07
Age : 36
Lokasi : Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kak Lilik, tolong ya Fotonya

Post by Kak Ita on Wed Jan 02, 2008 1:12 pm

Kak Lilik dan kak Lita yang berfoto2 ria kemarin, saya sibuk ajarin anak2 yang antusias kemarin ... dan icip2 juga .... wah sayang kak Rangga enggak kebagian... deh No

Kak Ita

Jumlah posting : 8
Join date : 26.12.07
Age : 50
Lokasi : Depok

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Creatives Cookies - wadah melatih kerja sama dan Creativitas

Post by Kak Lilik on Wed Jan 02, 2008 1:36 pm

Kak Ita wrote:Kak Lilik dan kak Lita yang berfoto2 ria kemarin, saya sibuk ajarin anak2 yang antusias kemarin ... dan icip2 juga .... wah sayang kak Rangga enggak kebagian... deh No

Photo2nya sudah diupload ke http://pramukakita.multiply.com

ayooo silakan ditengok disana ya kak rangga ...

sayang ya, kak rangga gak maen sih ke PGDA .. jadinya gak kebagian cookiesnya Very Happy

Kak Lilik

Jumlah posting : 7
Join date : 20.11.07
Age : 42
Lokasi : Depok, Jawa Barat

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Creatives Cookies - wadah melatih kerja sama dan Creativitas

Post by Kak Lita on Wed Jan 02, 2008 1:45 pm

Liputannya udah dipublish di sini : Wink
http://pramukakita.multiply.com/photos/album/17/Bikin_Cookies_Seru

Ini dia hasil kreasinya anak-anak siaga PGDA di bawah bimbingan pendekar bunda Ita cheers cheers cheers



hmmmmm...YummY...YumMy...

_________________
Gugusdepan Territorial
Pramuka Griya Depok Asri
www.pramukakita.multiply.com

Kak Lita
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 76
Join date : 08.11.07
Lokasi : Depok, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user http://www.catatanlita.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Seneng bisa bikin kukis

Post by Dik Shafa on Fri Jan 04, 2008 8:18 am

aku senang ikut bikin kukis flower
aku senang bikin bentuk manusia,rumah,bunga,kupu-kupu.

terima kasih ya bunda ita, besok siaga bikin kukis lagi yaaaa
Penghisap Madu Juru Ketik Juru Masak

Dik Shafa

Jumlah posting : 3
Join date : 03.01.08
Age : 15
Lokasi : Depok, Jawa Barat

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Creatives Cookies - wadah melatih kerja sama dan Creativitas

Post by Kak Rangga on Fri Jan 04, 2008 8:30 am

nYaAmmM...nyYaAmmM...











Ikutan icip-icip yah Dik Shafa & adik-adik lainnya....sluUurRpP... tongue yaAmMeeEyY...rasanya kreatif sekali, manis dan uenaAaKk! cheers

Kak Rangga
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 132
Join date : 08.11.07
Age : 36
Lokasi : Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Creatives Cookies - wadah melatih kerja sama dan Creativitas

Post by Dik Shafa on Fri Jan 04, 2008 8:38 am

Kak Rangga wrote:nYaAmmM...nyYaAmmM...

Ikutan icip-icip yah Dik Shafa & adik-adik lainnya....sluUurRpP... tongue yaAmMeeEyY...rasanya kreatif sekali, manis dan uenaAaKk! cheers


Silakan icip-icip kak rangga ...

yummy sekali loh ... cheers cheers

Dik Shafa

Jumlah posting : 3
Join date : 03.01.08
Age : 15
Lokasi : Depok, Jawa Barat

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Lain kali bikin lagi dong !?

Post by Bags_qren on Sat Jan 05, 2008 3:26 pm

Kak Ita wrote:Minggu lalu, saat Kamis datang, dan cuaca mendung, saya langsung ingat, bahwa untuk minggu pagi, kami belum punya program latihan scratch scratch . Dan melihat mendung yang mengantung tebal di langit, saya langsung berpikir, bahwa latihan kali ini mungkin lebih baik dilakukan indoor.

Tiba-tiba ingat, mengenai rencana untuk memberikan latihan membuat cookies yang kreatif, yang sempat tertunda.

Akhirnya saya sms, bunda Lilik dan Bunda Lita mengenai rencana itu, dan jawaban setuju saya terima tak lama kemudian.

Tujuan latihan ini, yang utama adalah melatih kreativitas dan kerjasama, selanjutnya memberikan wacana, bahwa memasak itu bukan soal Gender, laki dan perempuan bisa melakukan-nya. Insya Allah dengan pengalaman yang menyenangkan, mereka anak-anak kami bisa menanamkan dalam hati dan pikiran mereka, bahwa semua pekerjaan itu sangat menarik, dan sangat mudah jika dilakukan dengan sepenuh hati dan rasa senang.

Latihan di mulai dengan pengenalan bahan, ups .. ternyata semua anak antusias untuk tahu, apa sih terigu itu ... terbuat dari apa, dan mengandung zat apa, apa gunanya untuk tubuh ? .... Mentega dan margarine ..sama enggak ya ? ... Opppps Gula itu bisa dibikin halus ya ?
Waaaaaaaaaaah ternyata kalau mau wangi, kue mesti dikasi Vanila.... Apa sih Baking Powder itu ... ???

Ooooo ... ternyata kalau mau bikin kue itu, mesti ada resepnya ya .... enggak boleh asal campur bahan lho... nanti kuenya enggak enak,

Nah saat Bunda membagikan resep, anak-anak pun serius membaca resepnya study , untuk cookies yang enak dan bisa menghasilkan bentuk yang lucu-lucu
Mentega-nya, 200 gram
Gula halusnya 225 gram
Tepung terigunya 425 gram
Telurnya satu butir yang besar
Kasih Baking Powder juga 1 sendok teh
terus Vanila jangan lupa 1/4 sendok teh, jangan banyak2 nanti malah Pahit

Terus habis semua bahan di ditimbang ngapain ya ? hmmm mana yang duluan di campur ? Question Question Question
wah enggak bisa sembarangan campur ternyata scratch scratch

Jadi terigu mesti dicampur baking powder dan vanila dulu, kemudian diayak ..3 kali ( banyak bener ya)
Terus mentega dicampur dengan gula, dikocok sampai lembut, baru kasih telur satu, di aduk lagi.,
nah Baru deh tepungnya di masukin ke mentega.... aduk..aduk..aduk, sampai rata .... Arrow Arrow Arrow

Digiling-giling ...jangan sampai ketipisan ya .... terus cetak deh, mau jadi bentuk kapal terbang, mobil, kereta, muka orang, bunga, kupu2 ,rumah ... apa saja bisa ..... cheers cheers cheers ..... Lucu2 deh cookies-nya ...

Dibakar deh.... sampai matang ...

Nah jadi juga kuenya, dinginkan dulu ya sebelum dihias .....

Aduuuh senangnya kasih warna dan bentuk lucu2 ke kuenya ya ...

Dan akhirnya..... nyam...nyam...nyam ... enak banget kuenya ...

Senangnya, bekerja sama bikin cookies yang enak dan lucu2 ,,,, king queen

Lain kali BIkin lagi dong kan aku ketagihan Surprised tapi jangan dua jam aja yg lama ya....... Exclamation Question biar bisa puas ........... Exclamation Exclamation Exclamation

[quote]

Bags_qren

Jumlah posting : 7
Join date : 01.01.08
Age : 18
Lokasi : Depok, Jawa Barat

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Creatives Cookies - wadah melatih kerja sama dan Creativitas

Post by Kak Udi on Wed Jan 09, 2008 9:18 pm

Juru Masak masaknya pasti asik banget

ini pasti jadi kue yang paling enak luar dalem

ya dilidah .. ya juga di hati dong bounce

salut buat Bunda-bunda ya idenya ya rencananya ya juga pelaksanaannya
cheers cheers cheers
Jazakallah

Kak Udi

Jumlah posting : 14
Join date : 26.12.07
Lokasi : Depok, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Creatives Cookies - wadah melatih kerja sama dan Creativitas

Post by abang ipul on Thu Jul 17, 2008 5:34 pm

Kuenya pasti enak
karena dibuat oleh celotah anak anak yang riang
dan dilatih oleh tangan trampil bunda yang ikhlas
luar biasa.....
akau jadi teringat kala siaga tahu 1972 di medan
diajar oleh bunda Ning buat bakwan.........
duh indahnya masa anak anak
walau ku tak berada di gudep bunda ita saat membuat kue
namun ku berucap terima kasih bunda ada anak anak pramuka yang telah kau bahagiakan dengan aktifitas yang menyenangkan

salam kenal buat bunda , yanda, kakak kakak di sana

abang ipul

Jumlah posting : 38
Join date : 17.07.08
Age : 54
Lokasi : Kemang Bekasi

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Creatives Cookies - wadah melatih kerja sama dan Creativitas

Post by Sponsored content Today at 4:51 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik