status gudep di sekolah.

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

status gudep di sekolah.

Post by Kak Orcha on Thu Nov 15, 2007 9:01 pm

SALAM PRAMUKA,,,,,,,,,,,,,,,,,

kpda kakak smuanya ja dehhhh......
maw nanya nie,,,saya sedang menghadapi masalah yang rumit skali,,
d seklah ade tu pembina OSIS ma PRAMUKA tu sekarang lagi beradu argumen mengenai posisi GERAKAN PRAMUKA VS OSIS,,,,,,,,,,,,,,,,,,
yang ade tanyakan tu :
1.kedudukan gudep yang berpangkalan di sekolah tu pada posisi d dalam OSIS ataukah sejajar dgn OSIS?trus sekalian dasar yang menjadi pegangan dari jawaban kakak terdapat di mana(semacam bukti tertulis)
2.adakah struktur organisasi yang menghubungkan PRAMUKA dengan OSIS?
tolonglah kak,,,,,bagi siapa saja yang bisa memberikan bantuan saya ucapkan terimakasih sebanyak banyaknya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

SALAM PRAMUKA...............!!!!!!!!!!!!!!!

Kak Orcha

Jumlah posting : 10
Join date : 13.11.07
Age : 32
Lokasi : Kediri, Jawa Timur, Indonesia

Lihat profil user http://myorcha.blogs.friendster.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: status gudep di sekolah.

Post by Kak Cikal61 on Fri Nov 16, 2007 12:03 am

salam pramuka....

itu masalah yang kami hadapi di ambalan kami juga kak......
setiap tahun selalu saja hal itu diperdebatkan....
kalo dari pihak sekolah kan argumentasinya pramuka itu organisasi ekstra kurikuler, dan semua organisasi ekskul itu posisinya dibawah osis....

1 kalo menurut saya pramuka sejajar dengan osis, kenapa? karena gudep itu adalah suatu bagian dari sebuah organisasi kepemudaan yang berbadan hukum resmi bernama "Gerakan Pramuka". dan sangat jelas "Gerakan Pramuka" itu tidak sama dengan "OSIS".
untuk bukti tertulis saya tidak punya..... pendapat saya itaya simpulkan setelah membaca buku AD/ART GP, dimana ada keterangan dari Menteri Kehakiman RI yang menerangkan status badan hukum GP, dalam keterangan itu juga disebutkan bahwa pendirian pramuka merupakan pelaksanaan dari amanat..... dst... dst.... (saya lupa detilnya)

2 struktur organisasi yg menghubungkan pramuka dan osis?
itu muncul bila terjadi kerancuan antara tugas/tanggung jawab sebagai kepsek dan kamabigus.....



sekian tahun ini ambalan kami bisa bertahan dari perdebatan2 status pramuka-osis..... tapi sayangnya tahun ini pembina putri (pembina putra hanya menjabat secara tertulis saja) kami yang sebelumnya selalu mendukung kami tiba2 berbalik mendukung osis, alasannya ada keputusan dikna/menteri siapa yang mengatur hal itu...... kami tidak bisa membantah karena keterbatasan pengetahuan kami ttg peraturan perundang2an negara ini........

mungkin ada kakak2 yg memahami persoalan ini?

Kak Cikal61

Jumlah posting : 6
Join date : 15.11.07
Age : 33
Lokasi : Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Lihat profil user http://cikal61.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Gudep lebih tinggi

Post by Kak Eggie on Fri Nov 16, 2007 11:11 am

Kak, apa yang dialami di Gudep rasa-rasanya dialami sebagian besar Gudep di Nusantara ini. carut-marut...
sebenarnya kalo dbanding OSIS, Gudep tentu lebih tinggi kedudukannya. karena Gudep termasuk dalam struktur organisasi Gerakan Pramuka. jadi dari GUdep sambung ke KwarRan, KwarCab, KwarDa, KwarNas. dan itu sah secara legitimasi. liat lagi AD/ART GP. kalo dibahas dengan segudang peraturan, kita liat lagi hukum tata negara tentang struktur peraturan. paling tinggi kan UUD, UU, trus lanjut. nah, bandingin aja antara peraturan yang atur GP dgn OSIS. tinggian siapa, itu aja udah menang secara hukum. ini yang dulu saya lakukan dalam "membebaskan Ambalan." Pengaman Kampung 1

OSIS kan ruang lingkupnya hanya mentok di lingkungan sekolah saja.
Tapi rancunya adalah ketika OSIS memasukan Gudep sebagai salah satu eskul, yang kadang harus memberikan laporan tahunan ke OSIS dan juga menerima dana kesiswaan. disinilah masalahnya!

sebenarnya para senior Gudep pasti mengetahui masalah ini. apalagi jika jam terbang organisasinya tinggi. Neutral

nah, semasa SMA saya sndiri termasuk yang sadar masalah ini & mencoba sadarkan teman yg lain. ketika itu saya ajukan bahwa Gudep ini hanya berpangkalan di SMA. okelah memiliki Mabi & pengurus Gudep, mencari anggota dari kalangan siswa & remaja sekitar, & tidak memiliki hubungan dengan OSIS.

yang terakhir ini yang munculin pro & kontra. ada beberapa kekhwatiran seperti
- keluar jalur pembinaan. saya bilang selama Mabi & pengurus GUdep pihak pengajar tentu masih bisa diawasi jalur pembinaan. ditambah setiap kegiatan melapor langsung ke KwarRan sebagai bahan monitoring. kegiatan pun harus selalu dihadiri KwarRan/DKR.
- enggak dapat dana. saya bilang, dana ajukan awal tahun dalam Mugus yang pada akhirnya bisa disahkan oleh Mabigus. jadi tidak harus melalui pembina OSIS/ pengurus OSIS lagi. jika alokasi dana misalkan setahun 1juta tetapi kebutuhan lebih ya harus usaha sndiri.

lepas dari OSIS & sejajar dengan OSIS karena memang begitu "seharusnya". tinggal tantangan penegak gudep bersangkutan ?

demikian & terima kasih. maaf kalo kata-katanya susah dimengerti...... study

Kak Eggie

Jumlah posting : 97
Join date : 07.11.07
Age : 33
Lokasi : Tangerang, Banten, Indonesia

Lihat profil user http://eggi.eyefetch.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: status gudep di sekolah.

Post by saidthoha on Sun Nov 18, 2007 10:11 am

1. saya rasa gudep di sekolah toe lebih tinggi kedudukannya dr osis dan bukan termasuk bagian dr osis..
2.gak da struktur yg menghubungkan pramuka ma osis....

saidthoha

Jumlah posting : 1
Join date : 16.11.07
Age : 27
Lokasi : Dumai-Pekanbaru, Riau, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: status gudep di sekolah.

Post by Kak Rangga on Mon Nov 19, 2007 5:53 pm


LAMPIRAN KEPUTUSAN
KETUA KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA
NOMOR: 045 TAHUN 2003
TENTANG
POKOK-POKOK PENGORGANISASIAN
GERAKAN PRAMUKA


..................................................................................................

BAB II
DASAR-DASAR KEPRAMUKAAN

...................................................................................................

Arah tujuan dalam pelatihan Pramuka adalah mendidik; bukan menginstruksi, bukan mengajar, tetapi mendidik, yaitu untuk mengeluarkan daya kemampuan dari anak itu, untuk mendidik dirinya sendiri, menurut keinginannya sendiri, menuju ke hal-hal yang akan membentuk karakternya.

Kata pendidikan biasanya dihubungkan dengan sistem sekolah, yang sebenarnya hanyalah salah satu bentuk pendidikan., yaitu pendidikan formal akademik.

Kepramukaan sebagai sistem pendidikan tergolong gerakan pendidikan nonformal, tidak merupakan bagian dari sistem pendidikan formal (sekolah dsb.), tetapi merupakan pendidikan luar sekolah yang terorganisasi, yang memiliki tujuan pendidikan dan peserta didik tertentu dan jelas. Kepramukaan tidak mengulangi atau mereproduksi apa yang telah diberikan oleh sekolah, keluarga, lembaga keagamaan, klub-klub atau organisasi kepemudaan lainnya kepada anak muda. Kepramukaan berupaya untuk melengkapi apa yang telah dikerjakan fihak lain, dengan cara mengisi kesenjangan-kesenjangan dalam pendidikan yang mungkin tidak dapat dilaksanakan oleh fihak lain.

.................................................................................................

baca selengkapnya di : http://www.pramuka.or.id/id/bukupp/skpokorg.htm


Tetap memandu! Pengendara Sepeda

Kak Rangga
Anrum Ur. Moderasi
Anrum Ur. Moderasi

Jumlah posting : 132
Join date : 08.11.07
Age : 36
Lokasi : Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

mau gak mau kita harus di bawah OSIS

Post by Kak Rahmat on Wed Nov 21, 2007 9:57 am

ini juga sempat diperdebatkan oleh dewan ambalan, pada saat dulu saya menjabat.

yang saya pelajari, karena pangkalan kita di sekolah terlepas dari pramuka itu sebagai ekskul atau lainnya, ya kita harus bekerjasama dengan OSIS (bukan berarti dibawahnya loh), karena itu tugas mereka. Gudep tuh numpang di pangkalan yang tuan rumahnya adalah OSIS, jadi ya kita usahakan kerjasama. Dan OSIS gak berhak mendikte kita, karena kita punya struktur organisasi tersendiri. jadi OSIS dan Pramuka tuh kaya adik kaka dan orang tua kita tuh sebagai kepala sekolahnya. dan adik kaka itu kan pada berkeluarga, kita kan gak berhak ikut campur masalah keluarga, tapi sebatas saling mengetahui kan harus. klu orang tua ya harus adil terhadap keduanya, pada suatu permasalahan tertentu ya pasti ada anak yang lebih diperhatikan.

klu hubungan secara organisatoris, saya juga belum mengerti tapi banyak orang-orang Pramuka yang ditempatkan di bidang OPPK atau biasanya yang ngurusin upacara atau MOS.

(maaf profilnya belum sempat dirapikan)

Tetap Memandu !
Slm.

Kak Rahmat

Jumlah posting : 26
Join date : 19.11.07
Age : 29
Lokasi : Cimahi, Jawa Barat, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Pramuka and OSIS

Post by alpha_fox on Wed Nov 21, 2007 1:02 pm

salam Pramuka..!!


ini merupakan dilema bagi seluruh GP penegak di setiap sekolah.
banyak yang beranggapan bahwa OSIS itu dibawah OSIS. Seharusnya tidak.
OSIS mempunyai peran masing-masing yang berbeda. namun, untuk malaksanakan kegiatannya, Pramuka dan OSIS harus saling berkordinasi.
Pramuka dan OSIS sejajar karena memiliki struktur organisasi yang berbeda. akan tetapi, Pramuka dan OSIS memiliki garis penghubung organisasi untuk salng berkordinasi.

Pradana Penegak, seyogiyanya tidak masuk sebagai pengurus OSIS. agak tidak terjadi kesalahpahaman dengan anggapan pramuka dibawah OSIS.

wassalam

A. Fadly

alpha_fox

Jumlah posting : 1
Join date : 21.11.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

kok gitu tatut sih.....!

Post by kak bam_nggak_pake_s on Fri Nov 23, 2007 3:11 pm

perdebatan antara OSIS dan PRAMUKA itu dah melegenda apalago kalo di tambah dengan perseteruan dengan PASKIB duh capek deh....tapi bersikap wajar saja dalam menghadapinya...tidak usah menggebu - gebu yang hasilnya kebanyakan nihil lol! ikuti arus kalo bisa slow motion gak usah show action...
1. benahi dulu gudep kita, dah bener pa blum..?kalo PRAMUKA sudah baik dan sesuai apa yang dikehendaki AD/RT Gerakan PRAMUKA...masak gak da orang yang seneng liat PRAMUKA well..well....welll BAgus gitu
2. Tunjukan bahwa kita orang kepanduan...tanamkan dasadarma lalu praktekin, jangan diapalin aja Laughing Laughing
3. Kita harus bisa mandiri...Aslinya Pramuka itu kan Berdiri Sendiri tidak dibawah siapa siapa, yang jelas kita di Sekolah cuma numpang latihan aja...sulit dana???jangan bingung scratch kita pramuka kan bisa bekarya cari dana sendiri kok nggak bisa...(aku ja pernah raimuna 2003 nyari fee sendiri wala dapet dikit kan lumayan meringankan beban ) Tunjukan Keberadaan kita benar benar ada jangan tergantung sekolahan apalagi dana...malu lagi. Gak usah takut kita kian MANDIRI

Selamat mencoba ya, Aku juga lagi usahain itu di Ambalanku Dulu Ambalan Diponegoro - CUt Nyak Dien SMA 1 Ungaran....tugas berat sih tapi enjoy aja...

Jangan kalah ama anak - anak manja ( " ) yang hanya bisa minta dana tapi out put nya nihil..tunjukan bahwa dengan usaha kita ...kita bisa

Teap Semangat buat hari ni besok dan Seterusnya...Semoga berhasil

kak bam_nggak_pake_s

Jumlah posting : 21
Join date : 15.11.07
Age : 30
Lokasi : Ungaran, Jawa Tengah, Indonesia

Lihat profil user http://bee-green.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

sharing aja...

Post by Kak Seto on Wed Nov 28, 2007 11:36 am

salam buat kakak2 semua...

mau sharing mslh ini...

sebenernya simple aja

kan kita punya Ka Gudep... nah beliau lah yg mnjembatani birokrasi ke dewan sekolah
kan kita punya dewan ambalan.... nah merekalah yg berinteraksi sama pengurus OSIS masalah gono-gini, bikin semacam MOU...
kan kita punya Program Kerja.... nah cocokin deh sama program kerja OSIS dan kurikulum sekolah... trus mulailah melatih dengan motivasi mengejar prestasi bukan utk pembuktian siapa yg paling hebat antara pramuka dan OSIS... Nah klo prestasi Pramuka bagus... sekolah juga kok yg akan bangga... Bersinergi-lah...

klo soal pembinaan, biasanya kita di pramuka yg ngelatih tuh alumni2nya...nah buatlah daftar pelatih tetap yg nantinya bakal jadi pelatih adik2 penggalang, sekedar buat perwakilan aja (alumni yg lain masih bisa bantu kok)dan jaminan kualitas mutu pelatihan... Ajuin ke sekolah... Itu perlu!! Coz secara moral sekolah bertanggungjawab kpd orangtua utk menjadikan anak didiknya berkualitas, klo yg nglatih ga bertanggungjawab pastinya tinggal tunggu aja complain dari orangtua siswa. Satu lagi, jgn ajarin adik2 penggalang utk membenci atau antipati thd suatu organisasi di sekolah dan bahkan pihak2 diluar pramuka... itu sama aja " JarKoNi " Berujar tapi ora ngelakoni...

Dgn metode itu, Insya Allah ga ada halangan kok... buat apa ngributin siapa yg lebih tinggi antara OSIS dan Pramuka....?? Kita kan pramuka bukan Partai Politik yg ngributin kekuasaaan bukan??

Di tempat saya.... Sering loh anak Pramuka jadi Ketua OSIS...
Hal tersebut karena pramuka itu : Pariot yg Sopan dan Ksatria, BertanggungJawab dan Dapat diPercaya, Suci dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan...

Demikian.... Laporan selesai... Kembali ke Tempat... Pasukan di Istirahatkan....

Kak Seto

Jumlah posting : 4
Join date : 28.11.07
Age : 34
Lokasi : Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: status gudep di sekolah.

Post by kak bam_nggak_pake_s on Sun Dec 02, 2007 8:48 pm

Kak Seto wrote:salam buat kakak2 semua...

mau sharing mslh ini...

sebenernya simple aja

kan kita punya Ka Gudep... nah beliau lah yg mnjembatani birokrasi ke dewan sekolah
kan kita punya dewan ambalan.... nah merekalah yg berinteraksi sama pengurus OSIS masalah gono-gini, bikin semacam MOU...
kan kita punya Program Kerja.... nah cocokin deh sama program kerja OSIS dan kurikulum sekolah... trus mulailah melatih dengan motivasi mengejar prestasi bukan utk pembuktian siapa yg paling hebat antara pramuka dan OSIS... Nah klo prestasi Pramuka bagus... sekolah juga kok yg akan bangga... Bersinergi-lah...

klo soal pembinaan, biasanya kita di pramuka yg ngelatih tuh alumni2nya...nah buatlah daftar pelatih tetap yg nantinya bakal jadi pelatih adik2 penggalang, sekedar buat perwakilan aja (alumni yg lain masih bisa bantu kok)dan jaminan kualitas mutu pelatihan... Ajuin ke sekolah... Itu perlu!! Coz secara moral sekolah bertanggungjawab kpd orangtua utk menjadikan anak didiknya berkualitas, klo yg nglatih ga bertanggungjawab pastinya tinggal tunggu aja complain dari orangtua siswa. Satu lagi, jgn ajarin adik2 penggalang utk membenci atau antipati thd suatu organisasi di sekolah dan bahkan pihak2 diluar pramuka... itu sama aja " JarKoNi " Berujar tapi ora ngelakoni...

Dgn metode itu, Insya Allah ga ada halangan kok... buat apa ngributin siapa yg lebih tinggi antara OSIS dan Pramuka....?? Kita kan pramuka bukan Partai Politik yg ngributin kekuasaaan bukan??

Di tempat saya.... Sering loh anak Pramuka jadi Ketua OSIS...
Hal tersebut karena pramuka itu : Pariot yg Sopan dan Ksatria, BertanggungJawab dan Dapat diPercaya, Suci dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan...

Demikian.... Laporan selesai... Kembali ke Tempat... Pasukan di Istirahatkan....


Sepakat....! sunny

kak bam_nggak_pake_s

Jumlah posting : 21
Join date : 15.11.07
Age : 30
Lokasi : Ungaran, Jawa Tengah, Indonesia

Lihat profil user http://bee-green.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

GUDEP TERITORIAL...?

Post by Kak Arif on Sat Dec 08, 2007 9:20 pm

Nah lo, bingung sendiri kan sama yang namanya Gudep Sekolah???
Padahal yang selama ini diperhatikan dan dibahas oleh Gerakan Pramuka secara nasional adalah Gudep yang ini (padahal nyata-nyatanya banyak yang bermasalah).
Gudep Teritorial??? Nggak usah dibahas. Sudah banyak yang kukut... (Soalnya kekurangan anggota, disedot sama gudep Sekolah)

Kak Arif

Jumlah posting : 66
Join date : 17.11.07
Age : 27
Lokasi : Gresik, Jawa Timur, Indonesia

Lihat profil user http://arifdoudo.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

osis vs pramuka

Post by ipunk on Thu Jan 17, 2008 8:40 am

salam pamuka
kakak anda kan salah satu korps pembina prasbara yang saya kira sudah sangat berpengalaman dulu kita kan sudah sepakata bahwa pramuka tidak bisa di intervensi oleh osis.
kalo osis memasukkan ekstrakurikuler pramuka di bawah SIE PBBN (pendidikan berbangsa dan bela negara) itu hanya untuk pengem bangan osis kenyataan dilapangan bahwa ketua osis diseleksi dari anggota PRAMUKA dan PMR,

mungkin kakak ngak kenal saya tetapi kakak pernah ngobrolin masalah ini dengan saya dulu saat saya di sidoarjo
salam panuka

ipunk

Jumlah posting : 4
Join date : 02.01.08
Age : 32
Lokasi : JL.L.A.Sucipto gg pinus 3b Depok Sleman Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: status gudep di sekolah.

Post by Galih_as_Akira on Sat Apr 19, 2008 3:02 pm

mrtku si pramuka tu sejajar ma OSIS. krn ak prnh d ksh taw ma alumni n dah liat d AD/ART Pramuka. n mnrtku kl pramuka d hubungin ma OSIS mlh g nyambung, krn OSIS ma Pramuka pnya nama sendiri2. mgkn ckp gt aj argumenku. kl ad info laen ksh taw ya kak.

Galih_as_Akira

Jumlah posting : 6
Join date : 19.04.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: status gudep di sekolah.

Post by Kak Eggie on Thu Jul 17, 2008 1:24 pm

Pramuka itu organisasi yg bs sampe dunia. OSIS y internal skolah

Kak Eggie

Jumlah posting : 97
Join date : 07.11.07
Age : 33
Lokasi : Tangerang, Banten, Indonesia

Lihat profil user http://eggi.eyefetch.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: status gudep di sekolah.

Post by Sponsored content Today at 4:51 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik